Antisipasi Dini Pemilu dan Pemilihan 2024 Bawaslu Sumba Timur Perkuat Proses Penanganan Sengketa

Posted by: Bawaslu | 31/05/2021 | Kategori: Berita | 80 kali dibaca | Rating: 33

Pelaksanaan Kegiatan Penguatan Kapasitas Proses Penanganan Sengketa Pemilu bagi jajaran staf Bawaslu Sumba Timur, Kamis, (20/5/2021). Foto: Humas Bawaslu Sumba Timur - Jolandi

 

Waingapu, Mengantisipasi Pengawasan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur perkuat jajaran pimpinan dan staf sekretariat perkuat proses penanganan sengketa Pemilu dan Pemilihan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rapat Kantor Bawaslu Kaputen Sumba Timur, dengan peserta seluruh Pimpinan dan Staf Sekretariat Kantor Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Kamis (20/5/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan sehari dengan menghadirkan narasumber Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Denny Harakai, M.Th dan di moderasi oleh Koordinator sekretariat Bwaslu Kabupaten Sumba Timur.

Penguatan Kapasitas Pimpinan dan Staf Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur dalam menghadapi kompleksnya pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan 2024 yang akan datang, sehingga dipandang perlu dilakukan kesiapan sejak dini mengingat pelaksanaan Pemilu dan dan Pemilihan 2024 dimana waktu dan prosesnya sangat beririsan.

Irisan waktu dan proses Pemilu dan Pemilihan 2024 yang akan datang dilihat sangat dekat dan berangkat dari pengalaman sebelumnya, diduga dapat berpotensi tingginya tingkat pelanggaran, sehingga melatarbelakangi Bawaslu Kabupaten Sumba Timur untuk melakukan kesiapan sejak dini dengan terus melakukan persiapan dan penguatan Kapasitas baik Kelembagaan maupun Kapasitas  Sumber Daya manusia Staf Sekretariat Bawaslu Sumba Timur.

Pada Kesempatan yang sama, Kordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Kornelis Rihi Landumata, SE mengarapkan agar seluruh jajaran Staf Bawaslu Kabupaten Sumba Timur wajib mengikuti kegiatan dan pro aktif selama kegiatan berlangsung karena kegiatan ini sangat penting untuk pemahaman, pengetahunan dan mampu terimplementasikan.

“Teman-teman staf wajib ikut kegiatan dan proaktif mengikuti materi, diskusi dan latihan karena ini penting untuk diphami, di kuasai dan kemudian mampu diimplementasikan ke depannya”, tegas Kornelis

Senada dengan itu Anggota Bawaslu Kabupatren Sumba Timur, Hina Mehang Patalu, SE saat membuka kegiatan menyampaikan pada kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dan perlu dipelajari dan di pahami sebaik-baiknya.

Lebih lanjut menurut Komisioner yang lebih sering di Panggil Umbu Hina ini menyampaikan bahwa proses ini dalah media pembelajaran bersama  antara staf dan pimpinan sehingga dapat memiliki pemahaman bersama pula tentang proses penyelesaian sengketa pemilu dan pemilihan.

“Kegiatan ini sangat penting untuk kita sebagai pengawas pemilu yang berada di Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, hal ini juga sebagai proses belajar bersama dalam upaya meningkatkan kemampuan dalam memahami dan melaksanakan langkah proses menuju penyelesaian sengketa Pemilu dan pemilihan, khususnya menghadapi pemilu dan pemilihan tahun 2024 yang akan dating”, jelas Umbu Hina.

Kordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Sumba Timur ini juga menyampaikan bahwa pada hari selasa 25 Mei 2021 yang akan datang Bawaslu Kabupaten Sumba Timur akan melaksanakan Diskusi Publik melalui Webiner.

Diskusi Publik ini dengan menghadirkan Opening Spekaer Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga, SE dan Keynote Speaker adalah Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Denny Harakai, M.Th dan Ketua KPU Kabupaten Sumba Timur Oktavianus Landi, ST, serta anggota Bwaslu Kabupaten Sumba Timur Hina Mehang Patalu, SE sebagai Pemantik Diskusinya. Yohanis Landi

 

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Politik Hukum Pilkada

by: Bawaslu | 06 March 2020

POST TERBARU