Bawaslu Sumba Timur Gelar Bimtek Pungut Hitung dan Rekapitulasi Suara Pilkada 2020

Posted by: Bawaslu | 30/11/2020 | Kategori: Berita | 242 kali dibaca | Rating: 100

Hina Mehang Patalu, SE selaku Kordiv PHL melatih Panwascam cara menggunakan SIWASLU pada Bimtek Persiapan Pengawasan Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur Lanjutan tahun 2020. - Humas Bawaslu Sumba Timur/Foto: Yohanis Landi

Bawaslu Sumba Timur | Waingapu, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sumba Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Persiapan Pengawasan Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara bagi 66 orang Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Sumba Timur.

Bimtek ini di fokuskan memberikan penguatan kapasitas dan mempertajam kesiapan Panwaslu Kecamatan dalam pelaksanaan Pengawasan proses Pemungutan, Perhitungan Suara dan rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur Lanjutan tahun 2020.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Bawaslu Sumba Timur, Anwar Engga, SE saat membuka kegiatan Bimtek, Jumat (27/11/2020).

“Fokus dari Bimtek ini pada Penguatan agar semakin dipertajam kesiapan Panwascam dalam menghadapi Perhitungan, Pemungutan dan Rekapitulasi hasil Pemungutan Suara nantinya”, jelasnya.

Menurutnya, output dari Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Panwaslu Kecamatan dalam pelaksanaan tugas Pengawasan Perhitungan, Pemungutan dan Rekapitulasi hasil Pemungutan Suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur Lanjutan di tanggal 09 Desember 2020 nanti.

“Out Put Bimtek ini ya untuk Peningkatan pengetahuan dan pemahaman Pengawas dalam Pilkada 9 Desember nanti”, lanjutnya.

Pada Kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Sumba Timur Hina Mehang Patalu, SE menambahkan bahwa salah satu tujuan Bimtek ini adalah memberikan pengetahuan dalam strategi pengawasan Pungut Hitung dan Rekapitulasi Suara dan melatih Panwaslu Kecamatan agar memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan Siwaslu.

“salah satu tujuannya adalah meningkatkan pemahaman Panwaslu kecamatan agar berkemampuan dalam mengaplikasikan dan bagaimana strategi pengawas dalam mengawasi tahapan pungut hitung dan rekapitulasi suara”, 

Bimtek ini menghadirkan 3 orang narasumber dari unsur pimpinan Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, yaitu Ketua Bawaslu Sumba Timur, Anwar Engga, SE, dan Hina Mehang Patalu, SE serta Denny Harakai, M.Th yang masing-masing adalah Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur.

Anwar Engga, SE dengan judul materinya ‘Pelaksanaan Pemungutan dan perhitungan Suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur Lanjutan tahun 2020 di masa Pandemi Covid-19’.

Hina Mehang Patalu, dengan materi pertama, ‘Strategi Pengawasan Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitusi Hasil Perhitungan Suara’ dan materi kedua ‘ SIWASLU’.

Narasumber ke tiga, Denny Harakai, M.Th dengan materi utama, ‘penanganan pelanggaran pemilu saat pelaksanaan pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi hasil perhitungan suara’ dan ‘penerapan pemahaman penerapan perbawaslu 8 tahun 2020.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 27- 28 November 2020

Harapan dari kegiatan ini dimana jajaran pengawas pemilihan kepala daerah memiliki pemahaman dan kemampuan baik secara konsep dan praksis dalam melaksanaan pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur tahun lanjutan 2020.

Melalui pengawasan yang maksimal, professional legitimate oleh pengawas pemilihan dapat terciptanya proses dan hasil pilkada yang berkualitas, bersih, demokratis dan bermartabat. Yohanis Landi

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Politik Hukum Pilkada

by: Bawaslu | 06 March 2020

POST TERBARU