Bawaslu Sumba Timur Komitmen Jadi Badan Publik yang Informatif

Posted by: Bawaslu | 12/11/2020 | Kategori: Berita | 132 kali dibaca | Rating: 15

Kegiatan Audiensi dan Sosialisasi UU Keterbukaan Informasi Publik di Kantor Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Selasa (10/11/2020). Foto: Humas Bawaslu Sumba Timur/Yohanis Landi.

Waingapu, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sumba Timur berkomitmen untuk menjadi Badan Publik yang terdepan dalam menyediakan akses informasi publik.

Demikian pernyataan ini disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sumba Timur Anwar Engga, SE pada kegiatan Audiensi dan Sosialisasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik bersama Komisi Informasi dan Dinas Kominfo Provinsi Nusa Tenggara Timur di Aula Rapat Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Selasa (10/11/2020).

Menurutnya, Bawaslu Sumba Timur yang baru saja terbentuk dua tahun ini, otomatis pula PPID sebagai sarana dalam mengelola Infomasi Publik juga baru terbentuk dan masih pada tahap penataan supra struktur maupun sarana pendukung.

“Bawaslu Sumba Timur baru terbentuk, dan demikian juga PPID sehingga saat ini masih dilakukan penataan PPID sebagai sarana dalam pengelolaan informasi Publik Bawaslu Sumba Timur”, jelasnya.

Koordinator Divisi SDM, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Sumba Timur ini juga mengharapkan adanya dukungan Komisi Informasi dan Dinas Kominfo Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam pengembangan Pengelolaan Website dan PPID Bawaslu Kabupaten Sumba Timur untuk menjadi terdepan dalam mengelola Keterbukaan Informasi Publik.

“Kami sangat mengharapkan dukungan Komisi Informasi dan Dinas Kominfo Provinsi NTT dalam Penataan dan Pengembangan Website dan PPID Bawaslu Sumba Timur agar menjadi Badan Publik yang terdepan dalam Pengelolaan Informasi Publik”, ujarnya.

Kegiatan Audiensi dan Sosialisasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik di ikuti Ketua dan Anggota serta Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur dan Pembicara adalah Ketua Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maryanti Luturmas Adoe dan Ammy Kadiwano dari Dinas Kominfo Provinsi NTT.

Pada kegiatan ini, Ketua Komisi Informasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maryanti Luturmas Adoe menyampaikan bahwa semua Badan Publik wajib termasuk juga Badan Pengawas Pemilu wajib menyediakan dan menyampaikan Informasi publik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Menurut mantan Ketua KPU Provinsi NTT ini, menjelaskan apa bila Badan Publik tidak menyediakan informasi kepada publik maka akan berpeluang untuk dibawa pada ranah sengketa informasi publik.

“Badan Publik harus mengelola dan menyampaikan informasi publik, dan apabila tidak dilakukan maka Badan Publik termasuk juga seerti Bawaslu dapat di sengketan ke komisi informasi”, jelasnya.

Pada tempat yang sama, Ammy Kadiwano dari Dinas Kominfo Provinsi NTT menyampaikan bahwa PPID Provinsi NTT memberikan ruang Akses untuk mendapat informasi dan untuk mempublikasi Informasi.

Lebih lanjut menurut Ammy bahwa untuk mengakses dan mengunggah informasi Publik maka pihak yang berkepentingan terhadap informasi Publik tersebut harus memiliki Akun untuk Login.

Pada Kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Hina Mehang Patalu, SE mengatakan bahwa Animo Masyarakat terhadap Informasi Publik yang baik dan valid masih minim. Dan Cenderung Masyarakat Sumba Timur lebih menyukai informasi yang instan dan cenderung tidak berbobot bahkan cenderung Hoax

Menurut Kordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Hubal Bawaslu Sumba Timur ini bahwa diperlukan kesiapan Sumber Daya yang cukup untuk mendesain dan membangun strategi agai bagaimana mengelola Website dan PPID agar dapat menarik minat masyarakat luas.

Menanggapi Penyataan Anggota Bawaslu Sumba Timur ini, dimana Rami Kadiwano menyampaikan kontek sekarang masyarakat cenderung kurang berminat terhadap informasi yang dikemas secara konvensional

Selanjutnya menurut Rammy, agar menarik maka Konten yang di muat pada website dan PPID harus dibuat lebih singkat padat dan jelas seperti Konten Video Pendek maupun Konten Iklan (audio visual (Video).

Menurutnya, Kecenderungan yang mengakses informasi Publik masih terbatas oleh Kalangan Mahasiswa, LSM dan Perss .

Menutup Kegiatan ini Bawaslu Sumba Timur memiliki keyakinan bahwa Bawaslu Sumba Timur akan memperbaiki Pelayanan Informasi Publik dan bahkan optimis menjadi Badan Publik yang Unggul dalam menyampaikan Informasi Publik. Yohanis Landi

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Politik Hukum Pilkada

by: Bawaslu | 06 March 2020

POST TERBARU