Hadiri Rakor Data Pemilih Berkelanjutan Bawaslu Harap Data Pemilih Makin Baik

Posted by: Bawaslu | 30/03/2021 | Kategori: Berita | 186 kali dibaca | Rating: 38

Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021 periode Januari s/d Maret 2021 di Aula Rapat KPU Kabupaten Sumba Timur, Senin (29/3/2021) . (Foto: Humas Bawaslu Sumba Timur)

 

Waingapu, Bawaslu Sumba Timur – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur mengikuti Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021 periode Januari-Maret 2021 yang di gelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Timur, Senin (29/3/2021) di Aula Rapat KPU.

Selain Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Rapat Koordinasi ini juga dihadiri Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumba Timur.

Sebelumnya, untuk diketahui Bawaslu Kabupaten Sumba Timur menghadiri pembukaan kotak suara oleh KPU Kabupaten Sumba Timur dalam rangka pengambilan data untuk keperluan evaluasi pemilihan serentak tahun 2020 dan pengelolaan data pemilih berkelanjutan di gudang penyimpanan logistik pilkada 2020 KPU Kabupaten Sumba Timur pada tanggal 16 Maret-19 Maret 2021, yang mana kegiatan ini juga dihadiri aparat kepolisian dari Polres Sumba Timur.

Rapat Koordinasi ini dilaksanakan menindaklanjuti Surat Edaran Plt. Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tanggal 4 Februari 2021, perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021.

Menurut Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Hina Mehang Patalu, mengatakan bahwa KPU Kabupaten Sumba Timur berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data Pemilih secara berkelanjutan secara berkala dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“KPU Sumba Timur Wajib lakukan pemutahiran Data Pemilih berkelanjutan secara periodik atau berkala sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada”, jelasnya.

Lebih lanjut, Koordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Sumba Timur ini yang biasa di sapa Umbu Hina ini, mengatakan proses pelaksanaan pemutahiran Data Pemilih berkelanjutan selain merujuk Surat Edaran Plt. Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 tanggal 4 Februari 2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 dimana juga sudah diamanatkan dalam Undang-undang Pemilu dan Peraturan KPU.

“Pelaksanaan pemutahiran Data Pemilih berkelanjutan ini selain atas rujukan Surat Edaran terbaru Ketua KPU RI, juga sudah diamanatkan oleh UU dan PKPU”, ujar Umbu .

Untuk di ketahui, sesuai Amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, pada Pasal 20 huruf (l), KPU Kabupaten/Kota berkewajiban melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;

Selain itu, dalam ketentuan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017, Pasal 27 ayat (3), menyatakan setelah pemungutan suara, KPU/KIP Kabupaten/Kota memasukan data DPTb pada Informasi Data Pemilih guna Pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan untuk Pemilihan atau Pemilu berikutnya, serta sesuai Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018, Pasal 58 ayat (1), menyatakan KPU menggunakan hasil kegiatan penyusunan Daftar Pemilih sebagai bahan dalam kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan,

Pada kesempatan yang sama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga saat menghadiri Rapat Koordinasi Pemutahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) ini mengharapkan agar dproses Pemurahiran Data pemilih kedepannya permasalahan data klasik data pemilih dapat teratasi dan diperbaiki menjadi lebih baik.

“dengan proses pemutahiran data ini, diharapkan agar permasalahan klasik atas buruknya data pemilih sebelumnya tidak terjadi lagi dan dapat diatasi serta ke depannya untuk kepentingan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah data pemilihnya akan semakin baik”, bebernya.

Selain itu menurut Kordnator Divisi SDM, Organisasi, Data dan Informasi ini mengatakan Bawaslu Sumba Timur mengharapkan adanya kordinasi lintas lembaga serta juga melibatkan masyarakat dalam perbaikan atau pemutahiran data pemilih berkelanjutan kedepannya.

“ Kita harapkan dalam pemutahiran data pemilih agar selalu ada kordinasi antara KPUD, Bawaslu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumba Timur serta partisipasi masyarakat agar mendapatkan data pemilih yg semakin akurat dan baik”, jelasnya.

Berdasarkan hasil pemutahiran data pemilih berkelanjutan ini yang termaktub dalam Berita Acara (BA) Rapat Koordinasi Nomor: 22/PL.02.1-BA/5311/KPU-Kab/III/2021 tentang Rapat Koordinasi Data pemilih Berkelanjutan tahun 2021 periode Januari sampai dengan Maret 2021 dimana Rekapitulasi data pemilih Berkelanjutan berjumlah 171.513 pemilih, terdiri dari laki-laki 87.646 pemilih, dan perempuan 83.867 yang tersebar di 22 Kecamatan Kabupaten Sumba Timur.

Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan adalah proses memperbaharui data pemilih guna memudahkan proses pemutakhiran daftar pemilih pada Pemilu atau Pemilihan selanjutnya. Atau dapat didefinisikankan pula sebagai proses pengumpulan data perubahan melalui lembaga atau badan melalui koordinasi dan kerjasama serta langsung dari masyarakat.

Tujuan dilaksanakannya Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yaitu untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu dana tau Pemilihan Kepala daerah berikutnya. Yohanis Landi.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Politik Hukum Pilkada

by: Bawaslu | 06 March 2020

POST TERBARU