HINA MEHANG PATALU HADAPI PILKADA 2020 BAWASLU SUMBA TIMUR PASTIKAN SEMUA PEMILIH AKAN TERDAFTAR

Posted by: Bawaslu | 13/03/2020 | Kategori: Berita | 1172 kali dibaca | Rating: 122

Anggota /Kordiv. Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Sumba Timur saat menyampaikan materi pengawasan pemuktahiran data pemilih pada rapat kerja pengawasan dalam rangka persiapan pelantikan Panwaslu Kelurahan Desa (PKD)

Bawaslu Sumba Timur, Waingapu: Bawaslu Sumba Timur jamin semua pemilih yang memenuhi syarat dipastikan akan terdaftar dalam data pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur Tahun 2020 mendatang. Dengan pengawasan yang ketat dari jajaran Bawaslu Kabupaten Sumba Timur

Hal ini disampaikan Anggota Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Hina Mehang Patalu, SE di sela-sela kegiatan Rapat Kerja Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan dalam rangka persiapan Pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) pada pemilihan Bupati dan wakil bupati Sumba Timur tahun 2020  bertempat di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Waingapu Sumba Timur, Kamis (12/02/2020).

Jaminan ini dimaksud agar, semua warga Sumba Timur yang memenuhi syarat hak pilih, dapat terdaftar dalam Data Pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil bupati Sumba Timur tahun 2020. Yang terpenting, hak pilih warga tidak hilang, sebagai Hak Asasi Warga yang dijamin leh Undang-Undang Dasar 1945.

Pernyataan tegas terkait dalam upaya memastikan warga negara khususnya Sumba Timur yang memenuhi syarat terdaftar sebagai pemilih pada pemilihan Bupati dan wakil bupati Sumba Timur tahun 2020.

Anggota Bawaslu Sumba Timur yang juga adalah Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar Lembaga ini mengatakan, untuk memastikan hak konstitusional pemilih warga terpenuhi akan menggerakan seluruh kekuatan potensial di jajaran pengawas Pemilu baik itu Tim Badan Pengawas Pemilihan Umum, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa, dan nanti juga ke depat kalau sudah waktunya juga akan dibentuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara.

Lebih lanjut menurutnya, selain jajaran pengawas pemilu juga akan di diperkuat pada pengawasan partisipatif dengan mendorong masyarakat untuk melakukan aktif melakukan pengawasan  Pemutahiran Data Pemilih bersama Bawaslu Kabupaten Sumba Timur.

“Masyarakat diharapkan aktif untuk mengecek dan memastikan apakah namanya telah terdapat dalam daftar pemilih nanti pada saat proses pemuktahiran data pemilih oleh KPU Kabupaten beserta jajarannhya”, jelasnya.

Selain itu Bawaslu Sumba Timur sudah mulai melakukan pengawasan terhadap pembentukan PPK, PPS dan ke depannya pembentukan PPDP. Tujuannya agar pemutahiran data pemilih dapat maksimal dan berkualitas yang mana banyak dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia penyelenggara yang baik pula.

“Keberhasilan Pemutahiran Data Pemilih sangat ditentukan juga oleh Kualitas kerja PPDP dilapangan dan bagamana kerja ini diawasi oleh jajaran pengawas pemilu” tegasnya.

Seluruh tahapan pemutahiran Data Pemilih  akan secara intens diawasi oleh Pengawas Pemilu

“Oleh karena itu selama pelaksanaaan Pemutahiran Data Pemilih yang dilaksanakan secara berjenjang yang dimulai oleh PPDP hingga ke KPU akan secara ketat di awasi”, pungkasnya. (JL)

 

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Politik Hukum Pilkada

by: Bawaslu | 06 March 2020

POST TERBARU