TINGKATKAN KAPASITAS SDM PENGAWASAN DAN SEKRETARIAT PANWASCA BAWASLU SUMBA TIMUR GELAR RAPAT KERJA

Posted by: Bawaslu | 17/03/2020 | Kategori: Berita | 728 kali dibaca | Rating: 144

Foto: Pembukaan Raker Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan dalam Rangka Persiapan Pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD). Tampak foto dari Kiri: Denny Harakai, M.Th (Anggota), Kedua dari Kiri: Anwar Engga, SE (Ketua, Ke tiga dari Kiri:  Hina Mehang Patalu, SE (Anggota) dan Ke empat dari kiri: Kornelis Rihi Landumata, SE (Koordinator Sekretariat) Bawaslu Kabupaten Sumba Timur di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Kamis (12/3/2020) - Foto: Umbu Andu Meha SH.

 

Bawaslu Sumba Timur, Waingapu: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumba Timur melaksanakan Rapat Kerja Pengawas Pemilu dan Kesekretariatan dalam Rangka Persiapan Pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) pada Pemilihan Bupati dan Wail Bupati Sumba Timur Tahun 2020 bertempat di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Kamis (12/3/2020).

Dilaksanakannya kegiatan ini guna peningkatan kapasitas Pengawasan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan kesekretariatan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Sumba Timur.

Kegiatan Rapat kerja ini di ikuti oleh 88 orang Peserta dengan rincian 66 Orang jajaran komisioner Panwaslu Kecamatan dan 22 Kepala Sekretariat Pawaslu Kecamatan se Kabupaten Sumba Timur.

Rapat kerja ini lebih menitipberatkan peningkatan kapasitas dan kapabilitas Pengawasan, SDM dan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan dalam persiapan Pelantikan dan Bimbingan teknis Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa dalam menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumba Timur Tahun 2020.

Sebagai narasumber dalam kegiatan kali ini disampaikan oleh Anwar Engga, SE (Ketua/Kordiv. Organisasi dan Sumber Daya Manusia), Hina Mehang Patalu, SE (Kordiv. Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga), Denny Harakai, M.Th (Kordiv. Divisi Hukum, Penindakan Pelanggararan dan Penyelesaian Sengketa-HP3S), dan Kornelis Rihi Landumata, SE (Koordinator Sekretariat) Bawaslu Kabupaten Sumba Timur.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga, SE menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang SDM pengawasan dan kesekretariatan guna mewujudkan SDM yang berkualitas dalam pengawasan itu sendiri dan dukungan terhadap keberhasilan kerja-kerja kesekretariatan apalagi menjelang menghadapi Pelantikan dan Bimbingan Teknis terhadap Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa se Kabupaten Sumba Timur.

Hina Mehang Patalu, SE dalam pernyataannya saat menjadi Narasumber dalam kegiatan Raker ini menyampaikan salah satu hal penting adalah Pengawas Pemilu khususnya jajaran Bawaslu Sumba Timur memastikan Jaminan hak konstitusional pemilih warga terpenuhi. Hal ini dimaksud agar, semua warga Sumba Timur yang memenuhi syarat hak pilih, dapat terdaftar dalam Data Pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil bupati Sumba Timur tahun 2020.

Lebih lanjut Kordiv. Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga ini menegaskan selain prosedural secara substansial yang terpenting, hak pilih warga tidak hilang, sebagai Hak Asasi Warga yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Untuk memenuhi itu, maka seluruh tahapan pemutahiran Data Pemilih  akan secara intens dan ketat akan diawasi oleh jajaran pengawas Pengawas Pemilu dan juga oleh partisipasi masyarakat.

“Pengawasan Pemutahiran Data Pemilih selain dilakukan oleh jajaran pengawas pemilu juga akan di diperkuat pada pengawasan partisipatif dengan mendorong masyarakat untuk melakukan aktif melakukan pengawasan  Pemutahiran Data Pemilih”, jelasnya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sumba Timur Kornelis Rihi Landumata, SE, dalam kegiatan Raker itu menyampaikan dengan menggelar raker kita harapkan kinerja dalam pengawasan nanti menjadi lebih baik karena ini juga berkaitan dengan peran penting kualitas Sumber daya manusia kesekretariatan yang memberikan support atau dukungan penuh baik dalam hal adminitrasi maupun dalam pengelolaan keuangan kegiatan pengawasan termasuk didalamnya pembetukan PKD, PTPS serta dilakukannya kegiatan penguatan kapasitas dan kapablitas jajaran pengawas Pemilu. (JL)

 

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Politik Hukum Pilkada

by: Bawaslu | 06 March 2020

POST TERBARU