Tingkatkan Pengawasan Partisipatif Bawaslu Sumba Timur Jalin Kerjasama Dengan Organisasi Kemahasiswaan dan Pemuda

Posted by: Bawaslu | 27/10/2020 | Kategori: Berita | 180 kali dibaca | Rating: 30

Foto bersama anggota Bawaslu Sumba Timur Hina Mehang Patalu, SE bersama peserta rapat koordinasi Pengawasan partisipatif,  Selasa (27/10/2020); Foto: Umbu Andu

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Sumba Timur, Waingapu :- Langkah strategis dan taktis terus dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Sumba Timur dalam meningkatkan pengawasan partisipatif. Kali ini Bawaslu Sumba Timur kembali jalin kerjasama dengan organisasi kemahasiswaan dan organisasi kepemudaan yang berada di wilayah Kabupaten Sumba Timur.

Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Dalam Rangka Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Sumba Timur Tahun 2020 bertempat di Gedung Umbu Tipuk Marisi yang di buka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga, SE, Jum'at (27/10/2020).

Pada kegiatan rakor pengawasan tersebut diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari organisasi kemahasiswaan dan organisasi kepemudaan yaitu GMKI Waingapu, GMNI Sumba Timur, PMKRI sumba Timur, IKAWINA, IPMASTAP, HIMAS, HIPMAHKAN, PERMASTIM, Pemuda Muhamadiya, GAMKI sumba Timur, PA GMNI Sumba Timur dan IKPML

Ketua Bawaslu Sumba Timur, Bapak Anwar Engga, SE dalam sambutannya menyampaikan perlunya partisipasi dari organisasi ini untuk melakukan pengawasan sebagai upaya untuk meminimalisir timbulnya dugaan pelanggaran dalam setiap penyelenggaraan tahapan pemilihan.

“Kami perlu mengajak organisasi-organisasi baik dari unsur mahasiswa maupun dari organisasi kepemudaan untuk kerjasama pengawasan partisipatif. Kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman sudah mau bergabung dengan Bawaslu Sumba Timur ikut mengawasi tahapan pilkada yang kita hadapi ini,” ungkap Anwar.

Usai pembukaan Rakor dilaksanakan, kegiatan tersebut dilanjutkan oleh Bapak Hina Mehang Mehang Patalu, SE selaku Koordinator Devisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, untuk menyampaikan materi tentang "Peran Organisasi Kemahasiswaan dan Pemuda Dalam Pengawasan Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Sumba Timur Tahun 2020".

Dalam paparannya, Bapak Hina Mehang Patalu, SE menjelaskan bahwa tujuan dari kerjasama dengan organisasi-organisasi ini adalah untuk turut serta dalam pengawasan partisipatif terkait Pilkada Sumba Timur tahun 2020.

“Pentingnya kerjasama ini untuk membantu pengawas dalam mengawasi Pilkada Sumba Timur sehingga teman-teman dari organisasi yang dilibatkan dalam pengawasan sama-sama mengawasi dan melaporkan ke pihak pengawas apabila adanya dugaan pelanggaran. Semoga kerjasama ini tercipta dengan baik guna mewujudkan Pilkada yang adil, jujur dan bermartabat,” pungkasnya.

Lanjut pria yang disapa Umbu Hina Ini, keterlibatan organisasi tersebut dalam mengawasi Pilkada ini merupakan kepedulian yang patut di apresiasi.

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada teman-teman dari masing-masing organisai yang mau menjadi bagian dari Bawaslu Sumba Timur untuk mengawasi tahapan pilkada lanjutan ini, kiranya semangat ini tetap terpelihara sampai Pilkada ini selesai",ucapnya.

Apakah pendapat Anda tentang artikel ini?

Share:


KATEGORI


POST POPULER

Politik Hukum Pilkada

by: Bawaslu | 06 March 2020

POST TERBARU